Dendeng Daun Singkong, Anti Bengong

 

Dendeng daun singkong ala Jatisari

JATISARI – Jika mendengar kata dendeng, pasti yang pertama diingat adalah menu makanan berbahan dasar daging sapi yang lezat dan pastinya mahal. Namun , ternyata ada dendeng yang bahan dasarnya adalah daun singkong.

Tak jauh-jauh di desa Jatisari dendeng daun singkong ini diracik dan diolah dengan bumbu khusus sehingga menjadi olahan yang tak kalah nikmat. Selain bergizi, produk rumahan (home industy) bersekala kecil ini pun tidak mengandung kolesterol.

Kripik yang bahannya tidak sulit dicari ini diolah oleh seorang ibu rumah tangga bernama Ibu Budiati berdomisili di dusun Trimo Desa Jatisari Kecamatan Purwodadi.

“Usaha keluarga ini bermula ketika orangtua kami terserang penyakit kolesterol tinggi, dan dilarang memakan daging, maka dari itu tercetuslah ide membuat dendeng daun singkong,” ujar Budiati

Adapun cara pengolahannya, sangat sederhana yang pertama siapkan daun singkong segar, bumbu -bumbu, bawang putih, merica, dan tepung beras. Kemudian daun singkong dipotong kecil dan direbus hinggah mendidih.

Selanjutnya diaduk rata dengan bumbu dan dimasukkan ke dalam plastik, agar tidak tumpah saat direbus lagi serta bumbu – bumbunya menyatu. Setelah direbus selama 2 jam , kemudian di potong – potong dan ditipiskan. Tahap selanjutnya goreng didalam minyak panas, sehingga berwarna kecoklatan, dendeng daun singkongpun siap di kemas dan di jual ke pasaran.

Dalam satu harinya, diakui Budiati, mengolah sebanyak 20 kg dendeng daun singkong, yang nantinya dijual seharga Rp15 .000 perbungkusnya. “Dendeng daun singkong ini dijual di warung/toko terdekat ,minimarket, hingga luar kota seperti malang, surabaya,blitar dan sekitarnya

Dendeng daun singkong ini aman bagi penderita kolesterol, karena tidak mengandung unsur daging, namun dari tekstur dan rasanya tidak jauh beda dengan dendeng daging. Bagaimana anda penasaran, jika berkunjung ke Jatisari, jangan lupa mampir untuk membeli dendeng daun singkong ini

Post Author: kabarjatisari

kabarjatisari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *