Keren banget KRPL Jatisari

 Desa Wisata KRPL Jatisari

Jaga aku, lindungi aq , agar aku bisa memberimu

Keripik Pisang ala Jatisari

KRPL Jatisari

Jatisari  adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan Propinsi Jawa Timur.

Tepatnya di Lereng Arjuna atau perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Pasuruan.

Desa jatisari adalah desa terpencil yang memiiki jumlah penduduk -> 6753 jiwa  , di desa jatisari mempunyai banyak potensi hasil alam seperti apukat, durian, jagung, singkong , kayu , sayuran dll.

Desa Jatisari merupakan salah satu tujuan wisata yang berada di Kabupaten Pasuruan tepatnya di Kecamatan  Purwodadi yang memiliki potensi wisata yang masih alami, yang cocok untuk refresing dan wisata edukasi. Salah satu wisata desa jatisari adalah wisata KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dimana pengunjung disuguhkan berbagai macam tanaman baik sayuran ataupun bunga yang berada disetiap rumah di desa Jatisari.

KRPL di Desa Jatisari juga pernah di buat ajang perlombaan antar lingkungan .dan juga pernah di kunjungi oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Lingkungan Hidup beserta Dinas Pariwisata. Kegiatan ini merupakan upaya melestarikan program pengembangan pemberdayaan KRPL. Langkah ini dilaksanakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di masa yang akan datang. Namun secara khusus dalam jangka pendek bertujuan untuk melatih dan membina secara berkesinambungan para pemilik rumah agar melestarikan kegiatan bercocok tanam dan memanfaatkan halaman rumah warga yang sebelumnya tidak dimanfaatkan dengan baik.

Pembahasan tentang pariwisata termasuk desa wisata adalah berkaitan dengan banyak hal yang akan mampu di jual kepada para wisatawan, meliputi something to see, something to do and something to buy. Namun paling penting, sebagai kunci pengembangan pariwisata dan desa wisata adalah kemauan dan kesiapan masyarakat secara terbuka untuk menerima dan menyambut para wisatawan, serta harus memulai mencoba mempraktekkan konsep Desa wisata itu sendiri. Dan seluruh komponen masyarakat harus mendukung pengembangan itu, serta melayani dengan penampilan yang rapi dan bersih kepada para wisatawan. ( MM01 )

 

 

 

 

 

Post Author: kabarjatisari

kabarjatisari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *